Saturday, January 31, 2009

Obama dan Program Bail Out AS

Tepat sudah 10 hari semenjak Obama memegang tahta Amerika Serikat (AS), kini dia akan menjalankan program bail-out bagi perusahaan-perusahaan AS yang krusial bagi ekonomi namun tertekan oleh krisis.

Bicara program bail-out AS maka kita bicara jumlah uang sebesar 850 milyar dollar AS. Dari mana pemerintah AS akan peroleh dana sebesar itu? Kemungkinan dari penerbitan obligasi. 850 milyar dollar AS adalah setaraf 17 kali cadangan devisa Indonesia saat ini. Jadi, bila obligasi tersebut diterbitkan maka separah-parahnya AS akan menyedot habis 17 cadangan devisa negara seukuran Indonesia.

Apa akibatnya bila cadangan devisa tersedot habis menjadi nol? Singkat cerita, Indonesia mengalami cadangan devisa sama dengan nol adalah ketika krisis 97/98. Jadi bisa disimpulkan bahwa program bail-out AS separah-parahnya bisa membuat 17 negara seukuran Indonesia mengalami krisis ekonomi yang parah. Kita lihat saja nanti..

2 comments:

Rangga Cipta said...

salam kenal...
Pertanyaannya adalah apakah China akan tetap membeli Yankee Bond AS? Naiknya demokrat (obama) yang cenderung proteksionis akan menghambat ekspor China ke AS.

Carlos said...

salam kenal juga rangga..

Pertanyaan yang bagus. Saya sendiri merasa belum cukup pengetahuan untuk menjawab pertanyaan itu, mungkin temen-temen starbuckers yang lain bisa jawab?

Namun, dugaan saya sih; kalo China ingin supaya ekpornya tetep bisa masuk AS kemungkinan pemerintahnya akan bernegosiasi dengan pemerintah AS; ibarat kata, AS kasi ekspor China masuk, maka China beli Bonds AS.

Semoga jawaban saya cukup memuaskan. terima kasih.