Monday, October 19, 2009

Jika Saja Ibu Saya Menggunakan LV atau sejenisnya

Barusan saya menemani teman saya untuk window shopping mencari sebuah dompet untuk ibunya. Kami berjalan menyusuri pertokoan di dalam pasific place mall. Lalu singkat cerita sampailah kami di depan toko Louis Vuitton. Teman saya melihat ada berderet produk-produk yang kualitasnya baik. Langsung kami masuk dan menanyakan harganya. Ternyata untuk sebuah dompet perempuan, harga termurah adalah sekitar 3 juta, dan untuk tas perempuan minimal 8 juta. Kami tidak kaget untuk harga tersebut karena LV adalah produk kelas atas yang mengutamakan kesempurnaan.

Namun, pikiran kami malah bergerak ke arah, apakah teman-teman dari ibu teman saya itu akan percaya bahwa ibunya itu memiliki LV yang asli. Secara LV sudah banyak barang bajakannya saat ini. Tidak mungkin dong kwitansi pembayaran ditempel menggantung terus di dompet yang akan dibeli itu.

Hal ini mengingatkan saya pada sebuah teori ekonomi yang dikenal sebagai teori signaling. Signaling dalam kasus ini menurut saya seperti ini, apabila ada ibu pejabat menggunakan dompet LV palsu pasti orang akan lebih percaya bahwa itu LV asli, sedangkan bila ada ibu rumah tangga biasa menggunakan LV asli pasti orang-orang akan meragukan keaslian dari LV yang dimilikinya.

Jadi, dari sini saya berkesimpulan bahwa sebaiknya untuk merk-merk kelas atas seperti LV mungkin ada baiknya untuk men-double atau bahkan triple-kan harganya, agar konsumennya benar-benar kelas atas, sebab orang-orang pada kelas margin antara atas dan menengah kurang bisa dihargai sebagaimana seharusnya bila mereka membeli produk kelas atas.

Mengerti maksud saya?

6 comments:

Gaffari said...

Sepakat los..mestinya mmg dinaikkan berkali2 lipat saja..kalo mmg pasar yg dibidik memang kelas atas..

Jadi klo kita liat org yg biasa2 aja tapi menggunakan tas/dompet dll LV tinggal mesem2 aja..sambil dlm hati: namanya juga usaha pengen guaya..tapi pake LV kw 1..kikikikik.....


Kalo gw pikir..harga LV dinaikin 3-5 kali lipat juga ga msalah..pasti ttp ada yg beli....

Anonymous said...

Hello all
http://www.dwsgear.com/ - adipex diet
Gate Pharmaceuticals is the one distributing Apidex worldwide.
[url=http://www.dwsgear.com/]purchase adipex[/url]

The side effectsof Adipex is well tolerated.
adipex no prescription
Gate Pharmaceuticals is the one distributing Apidex worldwide.

Fakhrul said...

Di sisi lain, bukannya tujuan sebuah prusahaan adalah profit optimization,

bukankah lebih baik kita menentukan harga dengan mengira2... pada harga berapa MR = MC...

Dalam penghitungannya mungkin kita juga harus include hal2 lain seperti image brand, tujuan perusahaan dan lain2..

Carlos said...

Fakhrul yg saya hormati..

Bung benar sekali. Namun akan terdapat kesulitan bagaimana menominalkan tujuan perusahaan, image brand dan sejenisnya.

Anonymous said...

http://www.caninecompleteinc.com/ - xanax without prescription
- Do not abruptly stop taking Xanax.
[url=http://www.caninecompleteinc.com/]buying xanax[/url]

Properties of Xanax: Act as anticonvulsant, muscle relaxant, hypnotic effects, sedative, and a lot more.
xanax drug

For treatment of anxiety disorder: Xanax is a good candidate for the management of the said condition for short term treatment of severe and acute cases.

Anonymous said...

http://markonzo.edu wihch magnified protonix aired paxil chan aricept chumley furloughed percocet sacraments avodart publicthe dockworkers