Wednesday, December 9, 2009

Game: Minority Rule

Teman-teman starbuckers, atas permintaan sesepuh kita yang saat ini sedang di Jepang, sy cb untuk kembali meramaikan blog kita.

Dalam posting blog ini, sy akan mengajak teman-teman untuk bermain sebuah game. Nama gamenya: Minority Rule. Bagaimana cara mainnya? gampang saja. Jika dalam demokrasi kita mengenal majority rule (dalam sebuah pengambilan keputusan, suara mayoritas yang menang), dalam minority rule, yang terjadi sebaliknya. Pemenang adalah suara minoritas.

Dalam game ini, ada 4 orang yang ikut bermain (3 cewek dan 1 cowok), termasuk Anda di dalamnya. Sebuah pertanyaan akan ditanyakan, "Apakah Anda ganteng?" dan setiap peserta harus menjawab "ya" atau "tidak". Peserta tidak boleh tidak menjawab dan tidak boleh menjawab keduanya. Anda diberikan waktu 6 jam untuk menjawab. Selama 6 jam tersebut Anda diperkenankan melakukan apapun yang diperlukan. Pemenang adalah yang jawabannya minoritas (hanya dijawab oleh 1 orang).

Pemenang akan mendapatkan Rp 1 miliar. 3 orang yang kalah harus membayar denda Rp 200 juta rupiah.

Pertanyaannya apa yang akan Anda lakukan? Jawaban apa yang akan Anda pilih? ya atau tidak? Bisakah Anda menang?

Jawaban dalam poin2 saja ya..

18 comments:

Anonymous said...

saya laki laki, jelas saya ganteng. tapi saya gak punya 200jt

RCM

Letjes said...

carlos, berarti km jawab "ya". km bs menang klo 3 orang laen jawab "tidak". meski 3 orang laen itu cewek dan seharusnya mrk menjawab "tidak", cm kan mrk pasti mikir, klo jawab "tidak" gk mgkn mrk akan menang, krn ada 2 orang lagi yang mgkn menjawab sm. gmn klo akhirnya ada 2 orang cewek yang menjawab "ya" dan satu "tidak". dirimu akhirnya kalah los. kena denda 200 jt deh.

ada gk cara yang meningkatkan peluang km utk menang, atau bahkan pasti menang dengan kondisi tersebut? atau setidaknya pulang dengan tidak didenda? itu inti dari permainan ini los.

Anonymous said...

kalo 2 orang menjawab iya dan 2 orang menjawab tidak, uang 200jt dikembaliin gak?

rcm

Letjes said...

permainan akan diulang sampe dpt pemenang los..

Chaikal said...

Kolusi aja, boleh gak,, nanti masing2 bisa dapet 100 juta...

Letjes said...

wah bung chaikal cerdas jg.. game ini pny dua jawaban sebenarnya. yang pertama seperti bung chaikal jawab, seandainya kolusi diizinkan, semua peserta kolusi saja menentukan satu pemenang dan duitnya dibagi2.

sesuai aturan, pemenang dapat 1 miliar, 3 yang kalah masing-masing 200 jt ato total 600 jt. artinya ada 400 jt yang bs dibagi2. masing-masing akhirnya pulang dengan membawa tambahan duit 100 jt.

itu jawaban pertama, klo kolusi diizinkan, nah bagaimana seandainya kolusi dilarang?

Anonymous said...

non-cooperative game utk 4 player sulit juga kalo digambarin pake kata-kata.Singkat kata gw mau coba menjelaskan yaitu kalo gw jawab "ya" atau pun "tidak" akan ada 1/8 peluang menang, 4/8 peluang permainan diulang, dan 3/8 peluang kalah.

bener gak kalo gw simpulkan bahwa kita ambil keputusan ikut maen game ini bila

((1/8)*1M) (+/-) ((4/8)*(...)) - ((3/8)*200jt)>200jt

(...) = baru bisa diisi bila sudah ada keputusan maksimum berapa kali maen. kalo gak sulit diputuskan.

(+/-)= belum bisa diputuskan kalo tak ada kepastian berapa kali maen maks.



RCM

Made said...

Buat non-cooperative, bagaimana caranya meningkatkan peluang?

Setuju buat pendapat Carlos di atas.
Harus bermain ber-ulang2.

Sesuai dengan probability yang ditulis, semisal main 8 kali maka:
1 Menang = 1000 jt
4 Ulang = 0 jt
3 Kalah = (600 jt)

Total pendapatan: 400 jt.

Kasian yang jadi bandar dong :(.

Si Tepu said...

Klo gw simpel aj sih, lebih baik gw menjawab "YA". Mengapa.? Hal ini lebih karena persoalan penegasan jatidiri sebagai pria sejati yang (emang) ganteng. Mau kalah kek (alias bayar 200 jt), mau menang kek (alias dapet 1M), itu semua ga penting jika dibandingkan dengan adanya kesempatan untuk mengaktualisasikan diri sebagai cowo yang ganteng.

Masa' gara2 takut disuruh bayar 200jt, trus kita ga mau ngaku kalo diri kita ganteng.? Ksian deh gw..

Made said...

Emang orang Batak tegas2.

Hans,
Harusnya lu bilang, "Saya bakal menjawab, YA. Karena saya tidak bisa berbohong".

Anonymous said...

Gw barusan menghitung persamaan yg td gw kasih, ternyta itu berbentuk persamaan geometri. Dan hasilnya ternyata menjawab manapun juga iya ato tidak peluang menang adalah sebesar 664jt, kalo kita bandingkan antara uang 200jt yg dikeluarkan dibanding peluang menang masih ada 464jt peluang profit. Maka jawabnya adalah bebas pilih yg mana aja, lalu berdoalah supaya menang.
@ si tepu: lu pasti menang kalo ikut game seperti ini, :D

RCM

Letjes said...

hemmm.. masuk akal jg los.. tp berarti km masih peluang untuk kalah kan? pdhl jawaban yg aku minta enggk los.. hehe.. hayooo apa?

Chaikal said...

Dah deadline untuk jawab ini kuis,, karena kolusi perorangan gak boleh dilakukan, taruhan dengan orang per orang juga gak boleh..

Maka bagaimana caranya bahwa jawaban saya tidak sama dengan ketiga wanita tersebut, dalam arti bagaimana membuat ketiga wanita tersebut menjawab sama dan saya berbeda adalah dengan

"mengasumsikan ketiga wanita adalah satu orang wanita" maka dengan demikian kemenangan or at least ketidakkalahan bisa diraih..

Ok bung ces.. pusing gw kebanyakan peer ini sekolah, hahaha..

Letjes said...

bung chaikal, bung carlos, dan yang laen..

jawaban untuk syarat tidak boleh ada kolusi sebenarnya gampang. klo kt ingat di buku mikroekonomi pindcyk, di bagian awal mengenai game theory (masih soal pasar lebih tepatnya - oligopoli), kt kenal yang disebut first mover advantage-nya stackelberg.

cb kt terapkan di game ini. tanpa perlu menunggu enam jam, anda langsung jawab pertanyaan itu (jadi orang pertama), apapun jawabanya (ya ataupun tidak).

ketika Anda melakukan itu, otomotasi Anda akan mem-fait accompli 3 peserta lainnya dan sy pastikan anda menang (asal 3 orang lain rasional ya, krn bila tidak setidaknya anda tidak akan kalah). kenapa bs begitu? silahkan anda cb tes dan bayangkan..

Anonymous said...

plok plok plok...

great thinking, tjes.


-rcm-

Made said...

@Letjes: Good one (y).

Analogi Chaikal juga bagus, bagaimana caranya membuat 3 orang wanita itu menjadi satu. Salah satu cara adalah dengan caranya Letjes, dengan mempengaruhi ketiga wanita itu dengan "First Mover" technique.

Gaffari said...

kalo diibaratkan dalam pasar..berarti harus ada asumsi atau bahkan kondisi di mana pihak yg melakukan first movement memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keputusan pihak lain....

Bagaimana kalo keputusan yg diambil secara tertutup..kayak nyontreng wkt pemilu..jadi setiap org ga tau apa yg dipilih oleh orang lain..ditulis dalam kertas tertutup..kira2 bgmana?

Letjes said...

@carlos dan made: there's nothing special kok. lagian aku dapet game ini dan kuncinya setelah baca komik.. ;) judulnya liar game. baca komik ada manfaatnya juga loh.. hehe

@gaffar: game ini implicitly mensyarakatkan itu far.