Wednesday, November 24, 2010

Andai Bisa Memilih Kapan Dilahirkan

Saya cukup merasa bosan membaca buku kisah sukses seseorang, yang menurut saya "itu-itu" saja. Intinya sukses bisa diraih dengan kerja keras, dan jangan lupa diiringi dengan doa. Tidak beda dengan nasihat klasik yang sering kita dengar waktu kecil hingga remaja.


Buku kisah sukses alih-alih membangun optimisme, belum saja buku rampung dibaca kita terkadang memutuskan berhenti karena tak mampu lagi menampung alkisah Si Sukses yang terjebak narsisme. Namun dalam buku Outliers kisah sukses dibungkus secara lain oleh seorang Malcolm Gladwell. Ia mampu mengambil angle lain dalam bertutur mengenai bagaimana sebuah kesuksesan diraih.



Gladwell mampu mempertautkan bagaimana seseorang dilahirkan pada suatu generasi, latar belakang keluarga, budaya hingga kelas sosial. Belum lagi faktor coincidence yang tidak dapat dilepaskan pada perjalanan hidup seseorang dalam meniti jejak menunju kesuksesan.



Siapa mengira daftar pemain hoki liga junior di Kanada beserta posisi pemain di lapangan dan tanggal kelahiran mampu bercerita lain. Orang awam mungkin melihat daftar tersebut tak jauh beda dengan sebuah daftar biodata singkat biasa. Namun Gladwell mampu menangkap hal berbeda. 40% pemain hoki yang mumpuni lahir sekitar Januari-Maret, 30% antara April-Juni, dan sisanya antara Juli-September.



Ternyata sistem rekrutmen pemain hoki yang membatasi usia minimum 9 tahun di bulan Maret memberikan kesempatan lebih bagi mereka yang lahir antara Januari-Maret. Mereka yang lahir bulan April terpaksa harus gigit jari karena selisih satu bulan umur mereka untuk mencapai batas minimal 9 tahun. Dan terpaksa harus menunggu tahun berikutnya untuk mengikuti rekrutmen yang sama. Proses menunggu selama setahun inilah yang membuat gap kemampuan dengan rekan-rekan mereka yang berhasil masuk liga menjadi semakin besar. Bagi mereka yang masuk liga, tentu membuat mereka memiliki pengalaman lebih dengan latihan rutin, jam tanding lebih banyak, dan mental lebih matang. Tak ayal jika daftar pemain hoki dominan diwarnai oleh mereka yang lahir sepanjang Januari hingga Maret.



Tak cukup sampai di situ, Gladwell kembali mengungkapkan list orang-orang terkaya selama sejarah umat manusia. Pada tahun 1880an tertulis John Rockefeller, Andrew Carnegie, F. Weyerhaeuser, Marshald Field, Henry Rogers dan JP Morgan. Mereka lahir di 1830an. Pada saat usia mereka cukup matang, mereka memasuki sebuah dunia yang sudah berbeda. Pada 1860an rel kereta api pertama dibangun di Amerika, dan 1870an Wall Street didirikan. Zaman ini mobilisasi menjadi lebih mudah, dan pasar modal belum cukup banyak orang yang berkecimpung di dalamnya. Mereka mampu meraih sukses sekali lagi keberuntungan dilahirkan pada tahun yang tepat, di saat usia dewasa dihadapkan pada sebuah kesempatan yang mampu membawa mereka mencapai kesuksesan.



Jika saja mereka lahir di akhir tahun 1840an, mungkin ketika mereka dewasa kesempatan-kesempatan yang ada sudah ditapaki oleh generasi sebelumnya. Lalu bagaimana bagi mereka yang lebih tua? Jika lahir di awal 1880an, mereka terlalu tua untuk berkecimpung di pasar modal, cara pandang mereka sudah terlampau terkontaminasi akibat dampak Perang Saudara yang berkepanjangan.



Selanjutnya, tentu kita mengenal Bill Gates, Paul Allen dan Steve Ballmer yang sukses dengan Microsoft-nya, atau Steve Jobs bersama Apple Computer, Eric Scmidt dengn Google-nya, hingga Bill Joy bersama Sun Microsystems. Mereka adalah nama-nama yang sukses mengembangan teknologi komputer dan informasi. Anda tahun kapan mereka dilahirkan? Mereka dilahirkan antara 1953-1956. Tahun yang tepat untuk dilahirkan sehingga ketika mereka dewasa, pada 1975 adalah era awal kebangkitan personal computer.



Lalu kapan kita dilahirkan? Apakah kita dilahirkan pada zaman yang tepat?

Okey, kalau Anda merasa kurang beruntung dilahirkan pada tahun dimana Anda pertama kali melihat dunia, mungkin Anda perlu membaca lebih lanjut buku Outliers ini. Masih banyak faktor-faktor lain yang diungkapkan dalam upaya meraih sukses. Jadi, benar seperti sebuah peribahasa, "Jangan salahkan ibu mengandung".

8 comments:

The Evonomist said...

hehehe..
kalo begitu hal ini juga ada kaitannya dengan pemilihan nama, misalnya kalo anak dilahirkan dengan nama 'A' - 'D' secara alfabetik anak itu memiliki probabilitas tinggi untuk "tampil/perform terlebih dahulu dalam suatu evaluation"...

nah kalau begitu, anak-anak dengan nama tsb memiliki "first mover advantage" given semua anak memiliki talent yang sama.. terlebih apabila anak2 tsb bisa exploit advantage ini, atau terpaksa harus selalu "be prepared" mengingat nama mereka on the top of the list, misal nama "aaf"..

bukankah case ini sama saja dengan pemilihan tahun/bulan kelahiran sebagai "first mover advantage"?
(yang bisa entry ke market duluan memiliki significant advantage)


Ataukah semua ini hanya spurious assumption saja?

;)

visit: http://www.evonomist.com

Luthfi said...

saya gak sepakat kalo steve ballmer dibilang sukses...salah satu kegagalan serius dia adalah microsoft phone yang gagal total...gak ada yang kejual

Bapaknya.DittoReno said...

Bung Evonomist,
nama saya diawali dengan A. Akibatnya, no absen saya sejak SD sampe kuliah yang lebih banyak di area 1, 2, paling banter 3.
saya gak tahu itu jadi advantage atau tidak, namun seringnya saya stress karena paling sering dipanggil pertama sama guru untuk mengerjakan tugas :(

tapi bisa jadi karena faktor itu juga saya jadi lebih pede sekarang kalo disuruh ngapa-ngapain. Mungkin udah melewati 10.000 hours yang juga dibahas di buku itu.....

The Evonomist said...
This comment has been removed by the author.
The Evonomist said...

@Bapaknya.DittoReno

saya belum baca bukunya,

tapi kalo nama sudah terlanjur 'A' yah tentunya derajat persiapannya dalam kondisi apapun pasti lebih baik dari pada 'L' atau 'M'.. akan ada insentif untuk belajar/mempersiapkan diri lebih keras agar tidak dipermalukan didepan kelas...

apakah small advantage dapat diexploit jadi landslide advantage itu soal lain ya..

menurut saya, luck (outlier) itu ada, tapi bisa luck juga masih bisa di shape...

Anonymous said...

Great post however I was wondering if you could write a litte more on this subject?
I'd be very grateful if you could elaborate a little bit further. Many thanks!
my page > write fast

Anonymous said...

Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your point.

You clearly know what youre talking about, why waste your intelligence on just posting videos to your site when you
could be giving us something informative to read?
Also see my site - Credit Repair Reviews

Anonymous said...

Hello. Facebook takes a [url=http://www.onlineroulette.gd]online roulette[/url] game on 888 casino apportion: Facebook is expanding its efforts to present real-money gaming to millions of British users after announcing a act with the online gambling company 888 Holdings.And Bye.