Friday, November 28, 2008

Gunakan Produk Lokal, Siapa Lagi Kalau Bukan Kita?

Beberapa hari ini sering banget denger iklan di TV yang menyuruh kita menggunakan produk lokal. Kurang lebih tagline-nya: "gunakan produk lokal, siapa lagi kalau bukan kita?"

Mendengar tagline itu di kepala terlintas sebuah pertanyaan: loh, emangnya kenapa yang lain gak mau pake produk lokal? hemm... jawabannya sederhana, pasti karena ada produk (non-lokal) yang lebih bagus. Lalu kalau begitu, ngapain kita dipaksa beli produk yang lebih jelek? hanya alasan nasionalisme-kah? yang benar saja...

Bukan saya menganggap bahwa kualitas produk lokal tidak bagus, tapi tag-line di iklan itu yang memberi cap tidak bagus. Tag-line itu harus diganti, cari yang lebih sederhana dan tepat sasaran, misalkan: "gunakan produk lokal, kualitasnya tidak kalah dengan produk asing." Saya kira ini lebih baik, meski bahasanya harus dibikin lebih menarik lagi. Lagipula, bo'ong sedikit gapapa kok... namanya juga iklan. Mana ada kecap  no.2. Semua kecap pasti nomor 1. ;) 

4 comments:

Gaffari said...

Jadi inget iklannya Maspion:

"...Belilah ploduk-ploduk Indhonesiaaa..."

Hahahahahaha...........
Yakin tuh produk Indonesia?

adang said...

produk lokal sekarang memang sudah tidak kalah kok sama produk impor apalago produk cina, banyak tipu-nya.

komik strip said...

Semoga produk lokal bisa bersaing menjelang perdagangan bebas nanti

Anonymous said...

MASPION = MAsa Sih Produk IndONesia??