Tuesday, February 3, 2009

Makin Banyak Pekerja yang Sakit, Benarkah?


Hasil survei di beberapa perusahaan di Amerika dan Eropa seperti yang dilansir di The Economist menunjukkan adanya peningkatan cukup pesat mengenai para pekerja kantoran yang mengajukan izin sakit.
Hasil survei ini memang tidak begitu dijelaskan mengenai interpretasi dibalik hasil surveinya dan juga makna yang terkandung di dalamnya. Andai saja dalam survei tersebut ada tercantum Indonesia, sungguh saya penasaran, selain dengan jumlah penduduk yang besar, juga pola bekerja di beberapa instansi pemerintahan yang masih belum disiplin, dan lebih menarik lagi adalah proses perpindahan pekerja dari tempat kerja yang satu ke tempat kerja lainnya.
Yang menarik memang di proses ketika seseorang telah bekerja di suatu tempat, namun masih saja mengikuti proses penerimaan bekerja di tempat lain. Apa motivasinya? Klise saja, selain menawarkan gaji yang lebih tinggi, fasilitas yang lebih baik, tidak akur dengan bos yang sekarang, hingga mengejar tempat yang lebih prestisius.
Untuk pindah, tentu ada sejumlah test yang mesti dilewati, bahkan dengan tahapan yang melelahkan dan panjang, terutama untuk tempat bekerja yang boleh dibilang “bonafit.” Lebih sulit lagi, ketika serangkaian test tersebut dilakukan pada hari-hari yang berdekatan. Sakit, sebuah alasan paling gampang untuk mangkir dari kantor, daripada sejumlah surat cuti yang mesti diajukan, belum lagi menghadapi jatah cuti yang semakin berkurang. Bukankah begitu? Bagi yang sudah bekerja dan masih mencari pekerjaan yang lain, silahkan, kantor Anda memang siap atau tidak siap akan menerima alasan “sakit” Anda. Selamat “sakit,” dan dokter Wawan akan menyambut Anda, alias Wawan-cara….

4 comments:

Luthfi said...

Bung kalo katanya Oprah, obat untuk sakit stress itu cuman satu...

CINTA

jadi dimasa seperti ini jangan lah awak sampai kehilangan cinta...

huahahahaha

Carlos said...

Cinta obati stress

Atau


Cinta bikin stress ?


hehehe.. mari sambut valentine dengan cinta di hati masing2.. (duh sok bijak neh gw)

Bapaknya.DittoReno said...

Pengen gak sakit, berlatihlah multitasking dari sekarang dengan dosis yang terus bertambah

Bapaknya.DittoReno said...

Pengen gak sakit, berlatihlah multitasking dari sekarang dengan dosis yang terus bertambah