Friday, December 5, 2008

Mengapa Manusia Cantik Disuruh Bertemu Orang Sakit?

Setiap tahun hampir di seluruh negara di bumi ini melakukan kontes ratu kecantikan, lalu pemenang di tiap-tiap negara diadu dalam kontes ratu kecantikan sejagat. Ritual ini dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Yang menarik dari ritual ini adalah dimana para pemenang kontes akan dibebani tugas-tugas kemanusiaan yang seperti mengunjungi orang-orang sakit dan kekurangan di berbagai pelosok negeri dan bumi.

Sudah umum untuk membahas siapa pemenang kontes dan sebagaimana cantik pemenangnya tersebut. Tapi pernahkah Anda bertanya sebenarnya apa logika dibalik kegiatan kemanusiaan mengunjungi orang-orang sakit?

Misalkan Anda adalah seorang ratu kecantikan namun tidak dibebani tugas untuk mengunjungi orang sakit, apakah Anda akan mengunjungi orang-orang sakit itu? Bila iya, misi apa yang Anda emban pada kegiatan Anda tersebut? Bila memang Anda datang untuk memberi semangat bagi yang sakit, apakah semangat yang Anda suntikan adalah sebuah semangat yang tepat??

Bilasanya ada seorang dokter yang sangat cantik dan pintar mengobati pasien. Lalu setiap hari yang dilakukannya adalah mengobati orang sakit. Apakah situasi tersebut akan membuat jumlah pasiennya semakin sedikit? Ataukah jumlah pasiennya makin bertambah karena orang sakit dari tempat lain akan cenderung datang ke dia, lalu orang yang semestinya sudah sembuh akan cenderung berpura-pura sakit atau sengaja sakit demi bertemu sang dokter. Benarkah itu??

Yang saya pikir, mungkin sebaiknya duta kesehatan semacam ini diberikan kepada para olahragawan ternama seperti seorang pemain sepakbola. Sebab dengan demikian semangat yang ditumpuk kepada para pasien adalah semangat untuk bisa berolahraga bersama sang olahragawan, yang notabene seseorang mesti sehat bugar untuk berolahraga.

5 comments:

Chaikal said...

Karena Carlos, cantik itu luka (Eka Kurniawan), jadi bisa saling curhat tentang beban hidupnya masing2, he3..

Sekaligus gw tambahin neh: "dan jika memang cantik itu luka, maka cantik adalah luka yang paling indah"

Luthfi said...

cantik itu relatif...dan perempuan itu tidak ada yang sempurna.seperti laki-laki juga tidak ada yang sempurna...

mencari kesempurnaan pada wanita sama dengan mengatakan "no thanks, i would rather die alone than die as a couple"

hehehehe

Letjes said...

buat aku kecantikan tuh anugrah. knp ratu kecantikan harus bertemu orang sakit? memang dg datangnya ratu kecantikan itu gk akan mengurangi jumlah orang sakit. tp setidaknya utk beberapa detik membuat si orang sakit bersyukur dilahirkan di dunia melihat kecantikan yang tiada tara.

Luthfi said...

dahsyat bung firman....kalo orang dayak bilang semakin panjang telinga seorang wanita, semakin cantik lah dia ..terus ada suku mana gitu, yang bilang bahwa wanita dengan leher panjang adalah yang paling cantik...

gimana bung chaikal? apakah wanita tercantik itu?

Chaikal said...

Bung Lutfhi, sebaiknya sebelum bertanya kepada saya, anda jelaskan dulu definisi wanita cantik menurut anda sendiri.

Nah definisi wanita cantik yang anda bangun akan saya konfirmasi dengan pilihan anda.

Jika saya harus menjelaskan definisi wanita cantik, saya takut anda tidak bisa mengkonfirmasi definisi wanita cantik saya itu karena saya belum memilih..

Saya hanya punya definisi cantik (bukan wanita cantik). Menurut saya: "cantik hanyalah kecantikan yang telanjang"

Lebih lanjut silahkan baca blog saya untuk permasalahan remeh temeh seperti ini yaa..