Thursday, December 4, 2008

Pertumbuhan Ekonomi Rendah, Waktunya Kembali Ke Kampus

Pertumbuhan ekonomi tahun 2009 diperkirakan dapat mencapai level terburuk hingga 4,5 persen. Website Kompas menerbitkan:

"Pertumbuhan ekonomi pada 2009 diperkirakan mencapai level terburuk di posisi 4,5 persen, jauh lebih rendah dibandingkan dengan target APBN 2009, yakni 6 persen.."

Kemudian, tingkat pengangguran menjadi meningkat:

"....Badan Pusat Statistik menyebutkan, pada 2008 setiap 1 persen pertumbuhan ekonomi akan menambah 702.000 lapangan kerja baru. Dengan demikian, jika pertumbuhan turun dari 6 persen ke 4,5 persen, tenaga kerja yang tidak terserap bisa mencapai 1,053 juta orang..."

Saya menyimpulkan bahwa; satu, orang baru lulus kuliah akan lebih sulit cari kerja; dua, orang kerja sulit dapat order, dan ada kemungkinan kena lay-off; tiga, orang yang kena lay-off akan sulit mencari lapangan kerja baru; empat, memilih berwiraswasta di masa krisis kemungkinan akan lebih sulit untuk mendapat demand.

Untuk itu, saya mengusulkan tahun 2009 untuk menjadi tahun studi atau tahun kembali ke kampus. Lupakan dulu mencari profit, carilah ilmu bila ekonomi sedang sulit. Maka bila itu benar terjadi, tingkat pengangguran pasti menurun, dan ketika ekonomi dunia kembali "bergairah" manusia Indonesia sudah semakin berkualitas dari yang sebelumnya. Setujukah Anda?

4 comments:

luthfi said...

sepakat bung carlos. btw bung mau kuliah dimana?

Carlos said...
This comment has been removed by the author.
Carlos said...

belum ada tujuan yang pasti. Doakan saja fi.. btw, sori yah gw kemarin itu di resepsi pernikahan gak bisa hadir, karena tidak sedang di Jakarta. Good luck for your new life with your wife... :-)

Gaffari said...

Gimana mau kembali ke kampus kalo ekonomi sedang sulit????

Inget ye, balik ke kampus cuma jadi asdos aja cm cukup bayar kosan....

Kalo back to campuss kuliah lagi okelah, tapi apa pasti dapet beasiswa semudah itu????

Ekonomi sedang sulit, berarti proyek2 juga bakal sulit..di kampus bisa jd cuma kongkow2 nggak jelas, dan memang tak ada program yg jelas disana....