Monday, March 3, 2008

Gaji PNS Naik, Crowding Out Effect?

Oke, begini. Kita semua mungkin sudah mendengar berita mengenai kenaikan gaji PNS sebesar 20%, anggota TNI dan Polri sebesar 20%, dan para hakim sebesar 10%.

Kemudian, saya iseng dengan Mundell Fleming model untuk menerangkan fenomena ini. Mudah-mudahan saya tidak salah dan tidak keliru mengenai teori IS-LM.

Oke, sekarang kita masuk pada inti persoalan. Kenaikan gaji PNS sudah barang tentu menyebabkan pos pengeluaran Pemerintah di APBN meningkat, betul tidak? Nah, berarti government spending meningkat, ya kan? Dalam kerangka IS-LM, hal ini secara otomatis menggeser kurva IS ke kanan atas bukan? karena dalam hal ini, Pemerintah mungkin saja sedang menerapkan kebijakan fiskal ekspansif. Sedangkan, kurva LM tetap.

Sampai disini mudah-mudahan saya tidak keliru. Oke, lalu kita juga pasti sudah fasih di luar kepala mengenai sumbu X dan sumbu Y pada kurva IS-LM. Sumbu X = national income (Y), ya kan? Kemudian, sumbu Y = interest rate (i).

Oke, dengan menerapkan kebijakan fiskal yang ekspansif, memang betul bahwa Y akan meningkat, begitu juga dengan i. Oke?

Kemudian, kalian masih ingat dengan crowding out effect? crowding out effect yaitu salah satu fenomena ekonomi dimana ketika Pemerintah meningkatkan pengeluarannya, kemudian terjadi penurunan aliran modal dari swasta (investasi). Hal ini jelas disebabkan karena i naik. Apabila i naik maka secara otomatis I (investasi) turun.

Jadi, bola api yang saya mau lemparkan di blog ini adalah apakah memang kebijakan Pemerintah dalam menaikkan gaji PNS kemungkinan akan menyebabkan penurunan investasi? Atau dengan kata lain, crowding out effect terjadi? Atau ada proses yang saya alpa saya cantumkan di atas? Saya akui bahwa analisa iseng di atas sangatlah simple dan tidak komprehensif.

Maka dari itu mari kita diskusikan di blog tercinta ini.

5 comments:

Bapaknya.DittoReno said...

menurut saya sih crowding out effect tidak terjadi. Justru kenaikan gaji PNS akan mendorong konsumsi. Pada saat tekanan inflasi meningkat, justru kenaikan gaji membuat daya beli PNS tidak tergerus inflasi.
kenaikan konsumsi akan direspon dengan kenaikan penawaran. Di level daerah, kenaikan gaji PNS benar-benar dapat mendorong perekonomian daerah lho.

Soal interest rate dan investasi....ehm keynes memang bilang i sangat mempengaruhi I. Tapi untuk case Indonesia mungkin perlu ditinjau lebih jauh. Sebelum krisis, suku bunga diatas 20% tapi investasi jalan terus, sekarang suku bunga dibawah 20%, investasi gak jalan-jalan.
Mungkin itung2an investasi tidak hanya i semata namun banyak hal yang lain seperti agraria, kepastian hukum, pungli, etc.....

yuniati said...

entah kenapa kasus di Indonesia cukup unik. difikirkan dengan simple atau rumit hasil akhirnya tetap unpredictable.
terlalu banyak asumsi yang harus digunakan untuk mengambil suatu kebijakan.....,.

Anonymous said...

Hmm that's very interessting but actually i have a hard time determining it... wonder what others have to say..

Anonymous said...

skema mundell-flemming didasari oleh banyak asumsi-asumsi juga. ketika skema ini mau diterapkan untuk contoh kasus indonesia, sebaiknya dipikirkan relevansi dari asumsi-asumsi itu.

@bapaknya.dittoreno: klo investasi riil sulit berjalan maka akan terjadi investasi finansial. banjir hot money gitu.

rcm

Anonymous said...

pak,bukannya kurva IS itu harus bergerak ke kiri atas? tapi bpk bilang disini ke kanan atas. tlg jelaskan lagi pak.