Tuesday, June 17, 2008

Bukan Sekedar Orang Lari-larian Mengejar Bola

Bisnis sepakbola belakangan ini bukanlah ladang yang kering; Piala dunia 2006 menghasilkan 135 juta euro pendapatan sebelum pajak, piala champions 2007/2008 menghasilkan 824.5 juta euro. Kini, piala euro yang sedang berlangsung diperkirakan akan menghasilkan 1,25 milyar euro. Semua itu adalah angka-angka yang fantastis untuk sekedar acara kejar-kejaran bola antara 2 kelompok orang-orang yang bertubuh atletis. Lalu apakah Liga Indonesia sudah siap untuk ikut memarakkan bisnis ini?

2 comments:

Gaffari said...

Los..selama PSSI tidak dikelola dengan baik saya rasa income yang ada pun tidak menjanjikan. Sekalipun itu besar tentu saya meragukan bahwa pendapatan tersebut akan tidak "lari" pada oknum-oknum terntentu.

Hingga kini PSSI sepertinya belum "bertobat" juga. Satu sisi rakyat mengelu-elukan sepakbola Indonesia bisa berjaya, namun selama pengelolaan dan iklim kompetisi sepakbola di Indonesia tidak dibenahi, sepertinya kejayaan sepakbola Indonesia masih jauh panggang dari api.

Carlos said...

Setuju sekali dengan anda Bung Gaff, sepertinya bisnis sepakbola Indonesia masih banyak tertahan oleh monopoli segelintir pihak.

Bung Fajar pernah cerita ke gw dulu, bahwa ada beberapa kesebelasan daerah yang kini dibina dengan dana APBD, saya tidak tau apakah tindakan itu benar atau tidak, tetapi bila hal itu diperbolehkan saya rasa akan lebih menguntungkan bagi daerah untuk "menggandakan" uang di bisnis sepakbola dari pada dipake buat beli SBI