Tuesday, February 5, 2008

Inflasi di Zimbabwe: Buruk bagi Daya Beli Masyarakat dan juga Ahli Statistik

Seperti yang diberitakan di sini atau sini bahwa Zimbabwe mencatat sejarah baru dalam fenomena ekonomi dengan mencatat rekor inflasi tahunan tertinggi di dunia, yaitu sebesar 24.470 persen. Sebelumnya bahkan banyak perkiraan Zimbabwe akan mencapai tingkat inflasi 150.000 persen (can you imagine?).

Keadaan ini tidak hanya membuat kondisi daya beli penduduk Zimbabwe yang semakin terpuruk, di mana hanya untuk membeli roti saja mesti mengeluarkan uang sebesar 1,7 juta dolar Zimbabwe, namun juga membuat kesulitan bagi para ahli statistik di BPS Zimbabwe.
Mengapa?
Dengan kondisi tingkat inflasi yang sekian parah, BPS Zimbabwe mengalami kesulitan untuk mengeluarkan laporan perkembangan harga bulanan akibat dari tidak cukupnya barang yang dapat digunakan dalam perhitungan badan pusat statistik itu.

Ini kondisi yang sangat lucu, jadi tidak hanya daya beli masyarakat yang semakin menurun drastis, bahkan barang kebutuhan masyarakat pun tidak ada. Jadi daya beli terpuruk tidak hanya karena peningkatan harga yang sangat drastis saja, namun juga supply barang tersebut pun tidak ada.

2 comments:

Bukit Timah School said...

gw baru diskusi sama temen dari Zimbabwe via SMS abis baca nih tulisan, berikut dia bilang:
"Everything's wrong with it! dont even know where to start explaining :-("
"its quite sad for the people, luckily, elections are next month, and for the first time we have someone good and strong enough to oppose Mugabe"

mungkin bagi mereka yang masih merasa bahwa demokrasi adalah jalan keluar, masyarakat Zimbabwe adalah salah satunya. meskipun kita bisa melihat kasus lain seperti di Pakistan yang sedang menuju failed state...atau yang terbaru di Kasus Kenya. film the last king of scotland yang sempet dapet piala oscar mungkin bisa jadi referensi menarik untuk kasus afrika...

Gaffari said...

Kejatuhan pemimpin melalui peristiwa chaos banyak menuai fenomena inflasi tinggi dalam perekonomiannya...

Soekarno jatuh di mana terjadi hiperinflasi hingga 600 persen...

Soeharto jatuh akibat krisis ekonomi dengan tk inflasi yang juga tinggi....

Lalu, bagaimana dengan Hugo Chavez?
Mugabe? dan juga kawan2nnya...