Monday, October 29, 2007

Biaya Pendidikan dan Prestasi Akademik II (Comment for Letjes)

Kalau yang ditampilkan data negara OECD, tentu sedikit lebih jauh dari ruang teritorial kita Bung Letjes.
Ini beberapa data yang ada di slide-slide kuliah Ekonomi Politik-nya Faisal Basri, dan juga data dari bahan paper untuk Background Paper untuk Kolombo, Sri Langka.

Bagaimana dengan besarnya pengeluaran untuk pendidikan di beberapa negara Asia:



Lalu bagaimana dengan performance penduduk usia sekolah di beberapa negara Asia dan Amerika Latin?


Sekarang, apabila beberapa anak-anak Indonesia sering menjuarai Olimpiade dalam Ilmu Science tentu saja mereka sebenarnya hanyalah outliers dalam rata-rata kemampuan anak-anak di Indonesia. Lihat ini:


Secara index, pendidikan di Indonesia terbilang rendah dibandingkan negara-negara Asia lainnya. Masih banyak catatan yang perlu diperbaiki mengenai sistem pendidikan di Indonesia, tidak hanya sistem kurikulum yang sering berubah-ubah, namun juga dari segi sarana dan prasarana pendidikan yang lebih baik, terutama untuk aksesnya. Selain itu juga akses penyediaan lapangan pekerjaan berdasarkan tingkat pendidikan juga harus lebih baik, hingga tidak terjadi apa yang dikatakan pemborosan intelektual.


Apa yang saya rasakan selama kuliah, banyak teman-teman daerah dengan keterbatasan ekonomi tapi punya semangat belajar yang tinggi, tapi mengapa banyak teman-teman yang tinggal menjalani hidup dengan kemampuan ekonomi yang lebih baik justru semangat atau spiritnya kurang. Kalau begini terus, pendidikan tinggi terbaik akan banyak terisi oleh orang-orang yang beruntung secara struktural dalam ekonomi.

No comments: