Thursday, January 24, 2008

Starbucks Offers US$1 Coffee

Check this out guys!! Starbucks mau ngeluarin kopi seharga US$1 (klo di Indonesia, +tax,dll ya kira2 10 ribu-an) dan bisa refill pula. Hemmm.. tar klo udah nyampe Indonesia, gimana klo diskusinya pindah ke starbucks lagi? Tapi yang di Plaza Menteng aja. hehehe.. lumayan menghemat pengeluaran. hohoho..

5 comments:

Gaffari said...

Saya jadi teringat sama penjelasan mengenai Purchasing Power Parity (PPP) di salah satu sub bab buku Principles of Economics, Gregory Mankiw.

Di situ dia menggunakan pendekatan PPP melalui harga Big Mac di berbagai negara. Tapi rasanya, harga Big Mac di masing2 negara akan sangat berbeda mengingat McD seringkali melakukan penyesuaian harga mengikuti kultur negara masing2. Jadi, harga yang tertera tidak benar2 mencerminkan harga produk itu sebenarnya, namun masuk di dalamnya juga perhitungan psikologis konsumen.

Kalo dilihat dari tingkat perbedaan harga. Berdasarkan penerawangan yang saya lakukan, sepertinya harga satu gelas kopi di Starbucks memiliki perbedaan yang lebih kecil antar negara dibandingkan Big Mac.

Tapi, saya juga belum memikirkan mengenai produk Starbucks yang mana akan dijadikan standar utk perhitungan PPP; apakah Macchiato, Espresso, Latte, Cappucino, Frappucino.etc...

Nah, kalo ada USD1 Coffee di Starbucks ini hadir di semua negara. Ini bisa menjawab penerawangan saya selama ini.
Lain kali edisi terbarunya Mankiw bakal bukan Big Mac lagi, tapi USD1 Coffee Starbucks (yang nama produknya blom dipublish apaan).

Harapan saya sih semoga produk ini segera di launching di Indonesia. Jadi kita bisa balik lagi ke starbucks. Maklum, kebutuhan hidup makin sulit. Tahu-tempe makin mahal. Anak perlu minum susu. Dapur masih perlu ngebul. (Halah...kayak udah nikah aja...)

luthfi said...

Masa seh ada starbuck 10 ribuan?

Saya cuman mau mengingatkan bahwa, bakul koffie itu asli dari Indonesia. dan jangan lupa pesan para mentor kita dulu bahwa kalo kita belanja di .... berarti kita mnyumbang peluru.... untuk saudara kita di ....

gimana bung chaikal, yang terkenal sebagai salah satu ekstremis fundamentalis berhaluan konservatif ?

Letjes said...

bung gaffar, meski nanti di starbucks ada yg seharga US$1, kyknya masih murah di warkop pinggir jalan deh.. tempat aku minum kopi setelah menikah nanti.. huhuhu...

btw y g mungkinlah macchiato dan semcmnya. plg2 kopi item bung.. brewer.. hemmm.. sesuai seleraku

btw luthfi mengangkat tema menarik yg jg sdg diangkat di milis economics. masalah nasionalisme. masih jaman ya? hehehe

Chaikal said...

woi fi, ekstremis fundamentalis berhaluan konservatif itu republik, yang jelas jelas sangat percaya free market, jadi seharusnya malah globalisasi dan starbuck..

anw, bakul koffie tuh mahal, jadi sebenarnya kita beralih dari kapitalis global ke kapitalis lokal.. (is there any consequencies?)

setuju ama leces, kalo bung luthfi benar-benar idealis yaa kita harunys diskusi di warkop 'tenda' pinggir jalan. Inget! harus ada tenda-nya karena strabuck ma bakul sama2 warkop pinggir jalan..

coffee said...

hari ini gua beli kopi biji starbucks edisi ethiopia gemadro estate, black apron exclusives. mahal banget .... 150 rb. kagak tau deh pantas ngak ya harganya. gua cuma beli karena limited aja. buat koleksi kotaknya. keren.

www.cafetiere.tk